Home Wisata Jawa Tengah 6 Tempat Wisata Di Kendal yang Terkenal

6 Tempat Wisata Di Kendal yang Terkenal

tempat wisata di kendal
foto : https://www.instagram.com/adierwnt/

Tempat wisata di Kendal terdiri dari wisata alam, wisata religi, dan berbagai macam wisata kebudayaan yang dirangkai dalam sebuah acara. Terdapat acara tahunan yang tidak bisa dilewatkan yaitu Kendal Expo dan Kendal Heritage Carnival. Sangat beruntung sekali jika kita sedang berlibur di kota metropolitan ini bertepatan dengan dua acara besar tersebut.

Beberapa tempat wisata alam yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat yaitu Air Terjun Sewu, pemandian air panas Gonoharjo, Pantai muara Kencan, Pantai Ngebum, Agrowisata kebun teh Medini, Goa Kiskendo, dan banyak lainnya. Tak kalah juga dengan wisata religinya, sebagai kota santri. Tempat wisata tersebut diantaranya makam Sunan Bromo, makam Wali Gembyang, Joko, dan Wali Hadi.

1. Curug Sewu

curug sewu
foto : https://www.instagram.com/narulisme/

Terdapat lebih dari 35 air terjun di Kabupaten Kendal. Salah satu air terjun yang sangat terkenal yaitu Curug Sewu. Terdapat tiga susun aliran air terjun yang menyegarkan. Air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini sudah memiliki spot foto yang kekinian, seperti gardu pandang dengan latar air terjun atau alam pegunungan, dan taman sekitar air terjun.

Air terjun yang berlokasi dekat dengan wilayah Semarang dan pekalongan ini, tepatnya berlokasi di daerah Remboko, desa Curug Sewu, Patean, Kabupaten Kendal. Tempat wisata di Kendal ini, buka setiap hari dan untuk khalayak umum. Jika berkunjung ke air terjun, hindari ketika musim hujan, karena air tidak akan sejernih di musim panas, serta jalan akan cenderung licin.

2. Goa Kiskenda

goa kiskendo
foto : https://www.instagram.com/widodo_simson/

Jika Kebumen bangga dengan Goa Jatijajarnya, Kendal tak kalah keren dengan Goa Kiskendanya yang panjangnya kurang lebih 200m. Goa dengan mayoritas pengunjung pemuda ini, memiliki 5 Goa kecil-kecil yang didalamnya terdapat aliran sungai. Seperti goa yang lainnya, kita harus berhati-hati ketika jalan didalamnya, karena jalan cenderung licin dan aliran sungai bisa tiba-tiba deras jika diatas goa turun hujan.

Goa yang cukup untuk menguji nyali ini, beralamat di jalan Goa Kiskendo, Trayu, Singorojo, Kabupaten Kendal. Buka setiap hari tak terkecuali hari besar nasional. Terdapat biaya tiket masuk tentunya, namun cukup terjangkau. Kamu juga harus membayar biaya parkir diluar biaya tiket masuk.

3. Kebun Teh Medini

kebun teh medini
foto : https://www.instagram.com/zain_kagawa/

Tempat wisata sejuk lainnya yaitu kebun teh Medini. Kebun teh dengan luas sekitar 386 meter ini selain memiliki pemandangan kebun teh, terdapat juga Goa Jepang dimana sejarahnya goa tersebut pernah menjadi tempat persembunyian penjajah jepang. Kamu juga bisa berkemah di kawasan kebun teh ini.

Kebun teh negeri awan yang berada di atas bukit ini berlokasi di Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Limbang, Kabupaten Kebumen. Tentunya kamu bisa datang kapan saja, karena objek wisata ini buka 24 jam. Tiket bumi perkemahan ini sangat terjangkau, tidak sampai Rp.10.000,- sudah dengan parkir kendaraan roda 2. perjalanan menuju kebun teh akan lebih mudah jika menggunakan motor, dan sebaiknya hindari menggunakan mobil sedan.

4. Air Terjun dan Pemandian Air Panas Gonoharjo

Air Terjun dan Pemandian Air Panas Gonoharjo
foto : https://www.instagram.com/wittantra/

Objek wisata di Gonoharjo, Limbangan Kabupaten Kebumen ini terkenal dengan panasnya kolam pemandian. Selain itu, terdapat juga air terjun yang sangat segar ketika air mengenai tubuh. Kamu juga bisa berkemah disini. Selain itu, terdapat taman yang cukup luas menghubungkan kolam air panas dan air terjun.

Kamu juga bisa menginap di vila dekat pemandian air panas. Tentunya harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Jangan lupa membawa pakaian ganti minimal 2 pasang. Karena selain kamu bisa mandi di pemandian air panas dan dibawah air terjun, kamu juga bisa berenang santai di kolam renang yang telah disediakan.

5. Taman Kelinci Sukorejo

taman kelinci sukorejo
foto : taman kelinci sukorejo

Nah, yang satu ini cocok untuk liburan keluarga yang ringan. Kamu bisa berfoto bersama dengan latar yang cantik dan kekinian. Diantaranya payung terbang warna-warni, rumah hobit, lukisan 3D dan taman bunga. Selain kamu bisa bebas bermain dan memberi makan kelinci, kamu juga bisa berenang di kolam yang telah disediakan. Selain itu, tersedia juga playground untuk anak-anak.

Kamu cukup membayar Rp.8.000,- untuk harga tiket masuk, wifi, dan makan siang. Taman ini juga buka setiap hari, dan puncak ramai ketika liburan. Tempat wisata yang berada di belakang MTS NU 13 Arrahmat ini menjadi salah satu spot favorit untuk anak-anak.

Jenis kelinci disini juga sangat beragam, mulai dari yang lokal hingga blasteran. Asik bukan? Untuk informasi lengkap tentang taman Kelinci ini, kamu bisa membuka web site resmi.

6. Wisata Religi Jabal Kaliwungu

Wisata Religi Jabal Kaliwungu
foto : https://www.instagram.com/ali.mursyidi.18/

Pemerintah setempat turun tangan langsung dalam mendirikan tempat wisata ini. Pengunjung membanjiri lokasi ketikan syawalan atau lebih tepatnya hari besar umat Islam. Selain berwisata, mereka melakukan ziarah atau berdoa. Selain itu, fasilitas yang ada juga cukup lengkap dan terdapat banyak penjual souvenir serta kuliner khas Kendal.

Di sekitar Jabal, terdapat masjid megah yang sangat nyaman. Selain itu, di Desa Protomukya Kecamatan Kaliwungu Selatan, terdapat bukit Jabal Nur yang menjadi tempat peristirahatan terakhir para ulama-ulama Kaliwungu.

Tempat wisata di Kendal yang paling banyak dikunjungi adalah wisata religinya. Tentunya didampingi dengan kulinernya yang terkenal sangat enak, seperti Momoh, Sate Bumbon, Rica-rica Menthog, Bebek Ijo, Brongko, Soto Kendal, dan banyak lagi. Pemilik seni kebudayaan Opak Abang atau kethoprak dan terbang ini, sangat cocok dikunjungi untuk belajar budaya.

Selain itu, di suatu daerah, kamu bisa menemukan beberapa objek wisata, sehingga akan menghemat waktu liburanmu. Seperti di Kecamatan Ayah, kamu bisa berkunjung ke Goa sekaligus ke pantai. Ini menjadi tips tersendiri ketika liburan. Mencari beberapa tempat wisata dalam satu tempat. Seperti pepatah sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Happy Holiday!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here