Home Wisata Jawa Timur 6 Tempat Wisata di Madura yang Terkenal

6 Tempat Wisata di Madura yang Terkenal

tempat wisata di madura
foto : https://www.instagram.com/nana_tryrp/

Tempat wisata di Madura selalu menjadi objek yang ditanya-tanya. Selain sate Madura dan Jembatan Suramadu yang sangat familiar di telinga orang Indonesia, tempat wisatanya pun semakin di cari. Suku Madura merupakan suku etnis terbesar di Indonesia, tak heran jika wisatawan ingin tahu lebih tentang budaya mereka.

Pulau yang berbentuk seperti sapi ini, memiliki ikon wisata “Karapan Sapi” yaitu sebuah budaya perlombaan pacuan sapi yang diadakan setiap tahun. Perlombaan dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, dan tingkat Madura. Selain itu, terdapat juga budaya “Sapi Sono” yang diperagakan oleh sapi-sapi betina.

Selain dua budaya tersebut, yang menjadi daya tarik kota Madura yaitu beberapa tempat wisata yang terkenal. Diantaranya sebagai berikut:

1. Bukit Jaddin

bukit jaddin
foto : https://www.instagram.com/kokoaslifull/

Jika mendengar kata Jaddih, pasti yang terbayang Madura. Tempat wisata yang tak lekang oleh waktu dan tetap kekinian ini, menjadi wisata utama di Madura. Bukit kapur dengan pemandangan kolam renang yang jernih, serta tembok berwarna putin dapat dijadikan latar foto yang menarik.

Selain itu, terdapat goa-goa kecil didalam bukit. Selain itu, saat ini beberapa tembok sudah ada yang di ukir yang memberikan kesan lebih estetik. Hingga tahun lalu, bukit ini masih dijadikan area penambangan. Jadi, ketika hari kerja, masih banyak penambang yang mondar-mandir bekerja manambang kapur.

Lokasi bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di Desa Jakan, Parseh, Socah. Dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari kota Madura. Buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, Rp.5000,- Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang hobi hunting foto.

2. Pulau Gili Labak Sumenep

Pulau Gili Labak Sumenep
foto : https://www.instagram.com/agus.supriyansyah/

Hamparan pasir putih dan birunya air laut tidak ada pernah mengecewakan untuk sebuah pantai. Keindahan pulai ini layaknya pulau Krabi di Thailand. Banyak aktifitas yang dapat kamu lakukan di Gili Labak, diataranya berfoto keliling pantai, snorkeling, kemah, susur pantai, serta berprahu mengelilingi pulau.

Kebanyak wisatawan mengambil paket wisata untuk pergi ke pulau ini. Harga paket mulai dari Rp.200.000,- hingga jutaan rupiah. Meskipun tergolong baru, pulau ini mudah dijangkau. Ada 4 rute menuju pulau ini, yaitu melalui Pelabuhan Kalianget, melalui Desa Lobuk, atau melalui Tanjung Saronggi, dan yang terakhir melalui desa Kombang.

3. Air Terjun Toroan

air terjun toroan
foto : https://www.instagram.com/popeye.70/

Air terjun satu-satunya di Kabupaten Sampang ini merupakan air terjun yang berdampingan dengan pantai. Selain air yang menyegarkan dan pepohonan hijau yang menyejukkan, kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, warung atau penjual makanan minuman, dan banyak lagi.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Kepatang, Kabupaten Sampang, Madura. Lokasi ini kurang lebih 43 KM dari pusat kota. Selain itu, air terjun juga berdekatan dengan beberapa pantai di Sampang. Buka 12 jam setiap harinya, mulai dari jam 6 hingga jam 6 petang. Wisata ini bebas biaya tiket masuk, hanya membayar parkir saja.

4. Bukit Cinta Pamekasan

bukit cinta pamekasan
foto : https://www.instagram.com/arinii_kw/

Yak, sekarang kita ketempat wisata yang cocok untuk bersantai dan hanya sekedar berfoto. Yang menjadi objek utama tempat wisata di Lamongan ini yaitu spot foto berbentuk hati yang berada diatas bukit serta bukit itu sendiri buat mirip dengan bentuk hati. Bukit yang memberikan kesan romantis ini dipadati pengunjung ketika akhir pekan.

Tidak hanya bukit romantis itu saja, spot foto keren lainnya juga tak kalah menarik. Seperti payung terbang, jembatan cinta, dan nanas raksasa. Tempat wisata kekinian ini berlokasi di kawasan Edu Wisata Selamat Pagi, Jalan Lawang Daya, Kecamatan Pademayu, Kabupaten Pamekasan. Harga tiket masuk yaitu Rp.20.000,- baik weekday maupun weekend. Buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Yuk langsung saja atur jadwal dengan pasanganmu untuk mengunjungi bukin romantis ini. Dateng di pagi hari atau sore hari lebih baik karena siang hari akan sangat panas.

5. Water Park Sumekar

waterpark sumekar
foto : https://www.instagram.com/lila.um/

Nah, untuk liburan bareng keluarga, enaknya sambil bermain air. Water park Sumekar cukup besar dan asik untuk dikunjungi ketika akhir pekan. Terdapat beberapa kolam renang dan water boom, serta kebun binatang mini. Selain itu, ada juga wahana Astage Art, Jungkat Jungkit, Mini Train, Game Card, Cassowary, dan lain-lain.

Tempat wisata keluarga ini berlokasi di Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumeneb. Lokasi ini cukup dekat dari perkotaan, Buka setiap hari, dengan harga tiket Rp.15.000,- tidak termasuk parkir.

Bukan hanya orang dewasa saja yang butuh piknik, anak-anak juga sangat membutuhkan refreshing. Bermain adalah dunia mereka.

6. Museum Keraton Sumenep

museum keraton sumenep
foto : https://www.instagram.com/wecaresumenep/

Jika kamu baru berkunjung ke Madura, jangan melewatkan wisata bersejarah ini. Tempat wisata di Maduran ini, dikelola oleh pemerintah daerah Sumenep ini yang menyimpan banyak peninggalan sejarah dan cagar budaya Keraton Sumenep, serta peninggalan kerajaan Hindu Budha seperti Arca Wisnu.

Meseum Keraton Sumenep beralamat di Jalan Dr. Sutomo No.6 Lingkungan Delama, Pajagalan, Kota Sumenep. Buka setiap hari hingga pukul 15.00 WIB. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp.4000,- baik weekday maupun weekend.

Tempat wisata di Madura yang terkenal masih banyak lagi. Terdapat lebih dari 50 tempat wisata yang dapat kamu kunjungi, baik itu wisata alam, bersejarah, maupun religi. Disetiap kota di Madura, terdapat masjid besar nan megah salah satunya yaitu Masjid Agung Sumenep.

Jika berwisata, jangan sampai tidak mencicipi makanan khas setempat. Di Madura memiliki beberapa variasi kuliner. Selain sate Madura, soto Madura, Topak Ladeh, Bebek Songkem, banyak menjadi incaran wisatawan. Selamat berlibur dan jangan lupa bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here