Home Wisata Sumatera Daftar Tempat Wisata di Payakumbuh dan Sekitarnya

Daftar Tempat Wisata di Payakumbuh dan Sekitarnya

Tempat Wisata di Payakumbuh

Tempat Wisata di Payakumbuh memiliki potensi alam yang indah untuk menemani liburan Anda dan Keluarga. Sudah banyak tempat wisata di payakumbuh terkenal dan populer yang banyak diburu oleh para wisatawan. Payakumbuh merupakan salah satu wilayah di Sumatera Barat dengan keindahan alam yang fenomenal. Berikut ini beberapa wisata menarik di Payakumbuh yang bisa menjadi pilihan Anda.

1Jembatan Kelok Sembilan

Tempat Wisata di Payakumbuh yang cukup terkenal yaitu jembatan Kelok Sembilan. Jembatan kelok Sembilan merupakan sebuah ruas jalan penghubung sumatera barat dengan provinsi riau. Jembatan berkelok tersebut membentang panjang hingga 300 meter. Jembatan melewati Jorong Aie Putiah, Kecamatan harau, Kabupaten, Limapuluh Kota, dan Nagari Sarilamak.

Karena jembatan yang cukup panjang membuat banyak orang yang ingin mengunjunginya dan menjadikannya sebagai background foto. Jalan ini memiliki tikungan yang cukup tajam dan lebar jalan sekitar 5 meter saja. Lebih menariknya lagi yaitu jembatan berbatasan langsung dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan sekaligus. Jalanan yang berkelok-kelok tersebut tampil begitu cantik sehingga menarik perhatian para pengguna jalan.

2Bukit Bulek Taram

Bukit Bulek Taram terletak di kecamatan Kenagarian Taram, Kabupaten Limapuluh Kota. Bukit ini merupakan batu yang berbentuk bundar dengan puncak yang menonjol dan terjal. Kaki dari bukit terdapat hamparan tanah luas dengan rerumputan yang datar. Anda bisa duduk-duduk di hamparan rumput yang luas tersebut.

Bukit Bulek Taram merupakan salah satu wisata baru yang ada di Payakumbuh. Sehingga fasilitas dari wisata pun belum cukup memadai. Namun keaslian dan keasrian alam masih benar-benar alami yang indah dan eksotis. Anda juga bisa menikmati indahnya rawa-rawa di keliling bukit bulek yang terdapat banyak ikan. Bagi anda yang hobi memancing, Anda juga bisa menggunakan rawa-rawa tersebut sebagai pilihan memancing Anda.

3Lembah Harau

Lembah Harau terletak di kecamatan Harau limapuluh Kota, Kabupaten Payakumbuh. Lokasi lembah harau tidak jauh dari kota payakumbuh yaitu hanya beberapa kilometer saja. Lembah berada pada ketinggian 500 hingga 850 meter dari permukaan laut. Sebaiknya jangan datang ketika liburan tiba, karena lembah harau akan ramai sekali sehingga Anda harus mengantri berjam-jam untuk sampai di air terjun lembah tersebut.

Lembah harau menyuguhkan pemandangan lembah yang diapit oleh bukit terjal dan indah. Ketinggian dari tebing sendiri mencapai 150 meter. Berjalan menyusuri lembah tentu sangat menyenangakan karena anda akan menikmati indahnya alam yang segar, bersih dan hijau. Pemandangan yang begitu ciamik dan menakjubkan membuat Anda terkagum dan terpana.

4Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram terletak di desa Taram, kabupaten Payakumbuh. Letak wisata ini cukup strategis yaitu hanya berjarak 11,5 km saja dari pusat Kota Payakumbuh. Kapalo Banda Taram dulunya bukan sebuah tempat wisata namun hanya saluran irigasi saja. Setelah dilakukan sedikit pembangunan, akhirnya kapalo ini dijadikan sebagai objek wisata dan dikelola oleh pemerintah sekitar.

Kapalo Banda Taram menyuguhkan danau indah yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Anda juga bisa bermain rakit yang sudah disediakan untuk sewakan oleh para wisatawan sepuasnya. Kapalo semakin asri dengan banyaknya pohon hijau yang sejuk dan pemandangan hutan hijau. Tentu Anda pun enggan untuk meninggalkan tempat wisata yang begitu menentramkan ini.

5Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan berada di Jorong Koto Tinggi Kubang balambak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota. Air terjun berada cukup jauh dari pusat kota yaitu Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 4 hingga 5 jam lamanya. Perjalanan menuju Air terjun pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda motor saja.

Air Terjun Lubuak Bulan merupakan air terjun yang menyuguhkan keindahan dan mampu membuat siapa saja yang melihatnya begitu takjub. Anda tidak hanya menikmati keindahan alam yang dihadirkan, tetapi juga bisa mandi dan berenang di bawah air terjun tersebut. Air terjun memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dari bawah.

6Padang Mengatas

Padang Mengatas terletak di Jalan Padang Mengatas, desa Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Tepatnya berada di pinggang Gunung Sago yang membentang hamparan rumput yang luas. Padang rumput ini memiliki luas kurang lebih 289 hektar yang sekaligus digunakan untuk sentra peternakan sapi.

Padang Mengatas atau sering disebut padang mangateh yaitu padang rumput hijau yang luas dan indah. Banyak orang yang menyebut tempat wisata ini sebagai New Zealand nya Indonesia. Pemandangan indah dan kece ini menyita pandangan banyak orang, sehingga padang mengatas tidak pernah sepi dari wisatawan..

7Panorama Ampangan

Panorama Ampangan terletak di perbukitan Aur Kuning, Ampangan, Kecamatan Payakumbuh, Sumatera Barat. Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 6 kilometer saja dari pusat kota Payakumbuh. Akses jalan untuk menuju wisata pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Panorama Ampangan menyuguhkan pemandangan indah dengan view menawan dari ketinggian. Panorama indah tersebut bisa digunakan sebagai latar foto cantik Anda. Tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat merileksasikan diri dari kepenatan akibat bekerja. Anda akan terasa lebih tenang dan damai dengan ditemain udara segar yang menyejukkan tersebut.

Tempat Wisata di Payakumbuh menawarkan keindahannya masing-masing. Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan menikmati wisata-wisata yang ada di Payakumbuh tersebut. Apalagi bagi Anda para instagramable, tentu wajib mendatangi tempat wisata tersebut yang menarik digunakan untuk background foto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here