Home Wisata Jawa Timur 6 Tempat Wisata di Tuban Yang Terkenal

6 Tempat Wisata di Tuban Yang Terkenal

tempat wisata di tuban
foto : https://www.instagram.com/lailiyanf_/

Tempat wisata di Tuban terkenal dengan keindahan alamnya. Sebagian besar tempat wisata yang ada, merupakan wisata alam yang kemudian disusul oleh wisata religinya. Kota dengan sejuta sejarah ini bener-benar menggiurkan untuk dicari tahu peninggalan sejarah apa saja yang ada.

Kota dengan penduduk hampir 100 % muslim ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota. Mereka tertarik dengan wisata religi seperti mengunjungi makam-makam Sunan maupun Syekh. Selain Sholawat Tombo Ati milik Sunan yang kini hampir seluruh Indonesia tahu, Tuban juga memiliki banyak tempat wisata.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang terkenal di Tuban.

1. Makam Sunan Bonang

makam sunan bonang
foto : https://www.instagram.com/joertu/

Tuban bumi Wali, begitulah moto kota ini. Salah satu Wali yang terkenal adalah Sunan Bonang. Setiap harinya makam Sunan Bonang dibanjiri oleh pengunjung. Mereka datang bertujuan untuk berziarah dan berdoa. Kearifan dan kebijaksanaan beliau dalam sejarah menimbulkan banyak wisatawan datang baik dari dalam kota maupun mancanegara.

Lokasi tempat wisata di Tuban ini yaitu di Jalan Kh Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Lokasi ini dekat dengan Alun-alun kota Tuban. Buka setiap hari 24 jam. Wisata ini juga tidak dikenakan biaya tiket masuk. Kamu hanya butuh mempersiapkan diri, karena lokasi makam berada diatas dan harus melewati tangga yang cukup tinggi.

2. Alun-alun Tuban

alun alun tuban
foto : https://www.instagram.com/agus_chocholatos05/

Lokasi alun-alun tidak jauh dari Makam Sunan Bonang, sehingga kamu dapat langsung menuju alun-alun setelah dari makam. Di dekat alun-alun, terdapat pantai Boom yang berjarak kurang lebih 100 meter. Sebelah barat alun-alun, terdapat masjid dengan arsitektur yang menawan peninggalan Belanda.

Selain itu, di sebelah barat daya, terdapat Museum Kambang Putih. Namun tidak harus buru-buru untuk menuju ke lokasi lain, didalam alun-alunya sendiri terdapat air mancur menari-nari, monumen kuda Ranggalawe. Kamu juga bisa mencicipi kuliner yang ada di sekitar alun-alun.

3. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Pasir Putih Remen
foto : https://www.instagram.com/jarimanisphotography/

Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Kabupaten Tuban memiliki surga tersembunyi yaitu pantai Pasir Putih Remen. Kamu seperti melihat wallpaper desktop komputermu yaitu keindahan pantai yang alami. Selain itu, terdapat juga danau kecil serta pohon cemara yang berjejer menambah keasrian pantai.

Kamu hanya butuh mengeluarkan uang Rp.4000,- untuk dua orang dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan roda dua. Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota, menambah ketenangan dan kesejukan pantai. Pantai ini berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Untuk rute menuju pantai juga sangat gampang. Dari alun-alun Tuban, kamu bisa langsung menuju Desa Remen, dan tidak jauh dari pedesaan kamu akan menemukan pantai Pasir Putih Remen.

4. Klenteng Kwang Sing Bio

Klenteng Kwang Sing Bio
foto : https://www.instagram.com/roellah/

Tidak hanya ada wisata Islami, di Tuban juga terdapat klenteng yang menjadi salah satu objek wisata. Ikon yang terkenal dari klenteng ini yaitu lukisan tiga dimensi Candi Borobudur yang sangat besar. Tempat ini merupakan salah satu wisata religi Tiongkok. Pada dinding tembok terdapat gambar-gambar timbul peta negeri Tiongkok.

Klenteng Kwang Sing Bio berlokasi di Jalan R.E Martadinata No.1 Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Masih banyak tempat wisata di Tuban yang tidak dipungut biaya tiket masuk, termasuk Klenteng Kwang Sing Bio ini. Klenteng juga buka setiap hari.

5. Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip
foto : https://www.instagram.com/jauh_jauh_hari/

Wah Tuban juga punya air terjun lho. Yang ingin main air sekaligus terapi, boleh dicoba main ke air terjun. Air terjun yang berlokasi di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan ini, selain sejuk karena pepohonan yang rindang, juga memiliki mitos tidak boleh bawa pasangan. Alright, apakah kalian percaya? Hmm, dari pada penasaran, buktikan saja langsung datang ke lokasi.

Air terjun ini buka setiap hari. Akan sangat ramai di akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuk juga masih terjangkau, hanya Rp.5000,- saja. Kamu bisa berenang disana, tapi khusus untuk orang dewasa saja. Oh Iya, jika ingin berwisata di air terjun, sebaiknya ketika musim panas, karena biasanya air akan keruh di musim hujan.

6. Kambang Putih Tuban Park

Kambang Putih Tuban Park
foto : https://www.instagram.com/al.dzulhimam/

Yuk berwisata bahari di Kambang Putih Tuban Park. Lokasinya dekat dengan terminal Tuban, sangat strategis kan? Disini juga banyak wahana bermain, seperti Batrecar, Bombomcar, Pesawat terbang, arena ketangkasan, Rodeo (BAnteng Gila) dan ada outbound juga lho.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Selain wahana bermain yang banyak, fasilitas disini juga cukup lengkap, seperti toilet dan mushola. Kamu juga bisa berfoto di lokasi atau spot foto yang telah disediakan, seperti spot kuda terbang.

Wisata bahari ini beralamat di jalan Raya Jenu, Jenu, Kabupaten Tuban. Lokasinya sudah sedikit di ujung kota Tuban. Harga tiket masuk juga cukup terjangkau, yaitu Rp.25000,- di hari biasa atau hari kerja. Namun harga meningkat ketika hari libur dan hari besar hingga Rp.45.000,- Untuk wahana sekeren ini, harga tersebut tidak ada apa-apanya.

Tempat Wisata di Tuban sebagian besar wisata alam masih tidak dipungut biaya atau gratis. Nah, jadi tidak perlu menyiapkan budget banyak untuk bisa berwisata di kota ini. Dan kamu harus mampir ke Masjid Agung Tuban. Coba deh cari gambar di google, kalian akan tau betapa cantiknya arsitektur masjidnya.

Kalau berwisata tanpa berkulineran, rasanya ada yang kurang. Ada sedikit bocoran makanan khas dan kulineran di Tuban nih. Ada Becek Menthok, Sate Bebek, Garang Asem, Cumi-cumi hitam, Makanan khas ampo, dan Kare Rajungan. Dan kalau pulang, kamu bisa bawa oleh-oleh seperti kecap Laron, Legen, Siwalan, cumi krispi, dan manisan belimbing madu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here